Tuesday, December 9, 2008

BULLYING

Akhir - akhir ini kok banyak ya..cerita - cerita di TV tentang "gencet2" an senior ke juniornya..? baru - baru ini ada lagi di SMAN 90.Kayaknya sekolah udah bener - bener harus serius merangin bullying ini.Jangankan anak SMA, anak - anak TK aja katanya juga ada loh yang agak2 bersikap bullying gini, tapi jelaslah ga gebuk - gebukan kayak anak SMA gini.Mungkin, maksa minta bekal temennya? kalau tiap hari begini,dan temennya jadi tertekan, termasuk bullying juga khan?

Sebenernya apa sih bullying itu?
Hm..agak2 susah cari definisi kata yang pas yah..mungkin gini,perbuatan yang menyakiti orang lain baik secara fisik maupun mental. Bullying dapat berupa tindakan fisik, verbal, emosional dan juga seksual.

Berikut ini adalah contoh tindakan yang termasuk kategory bullying; pelaku baik individual maupun group secara sengaja menyakiti atau mengancam korban dengan cara:
 menyisihkan seseorang dari pergaulan,
 menyebarkan gosip, membuat julukan yang bersifat ejekan,
 mengerjai seseorang untuk mempermalukannya
 mengintimidasi atau mengancam korban
 melukai secara fisik
 melakukan pemalakan/pengompasan

Berikut dampak negatif bullying bagi perkembangan karakter anak:
 Depresi
 Rendahnya kepercayaan diri / minder
 Pemalu dan penyendiri
 Merosotnya prestasi akademik
 Merasa terisolasi dalam pergaulan
 Terpikir atau bahkan mencoba untuk bunuh diri

Bagi sipelaku, bisa berpotensi menjadi preman atau prilaku kriminalitas.

Disinilah pentingnya peranan orang tua untuk selalu mendekatkan diri pada anak dan selalu berkomunikasi deengan anak, untuk menghindarkan anak dari hal - hal yang tidak diinginkan.

Jika anak tiba-tiba tidak mau sekolah, tanpa alasan yang jelas, orang tua harus curiga. Pasti ada sesuatu yang membuat anak tidak nyaman berada di tengah lingkungan sekolah.Katanya kalau pas bangun tidur anak ngeluh sakit perut..perlu dicurigai juga loh..karena katanya sakit perut itu bisa karena psikis juga..

Atau ketika Anda menemukan luka pada anak, tapi dia tidak bisa memberikan jawaban yang jelas. Hal ini juga patut dicurigai, karena bisa jadi ia sudah jadi korban bully. Tanyakan pada anak apa yang telah terjadi. Yakinkan padanya jika Anda tidak akan marah jika ia mau bercerita dengan terus terang mengenai apa yang terjadi.

Bila memang benar anak jadi korban tindak kekerasan, temui guru atau kepala sekolah untuk membicarakan hal tersebut.

Jelaskan pada guru mengenai apa yang terjadi pada si kecil dan carilah solusi bersama yang terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Anak kecil pasti lebih mudah dinasihati ketimbang anak yang sudah remaja. Akan sangat menyenangkan bukan jika anak kita happy dan nyaman di sekolah,berkumpul dengan teman-temannya untuk belajar bersama.

Mantaince komunikasi yang baik dengan guru - guru anak kita. InsyaAllah kita akan selalu update akan kejadian apapun yang terjadi pada anak disekolah.
Semoga..anak - anak kita terhindar dari bullying yah...

1 comment:

  1. mungkin begitulah kehidupan zaman sekarang

    ReplyDelete

Related Post

FRIEND'S BANNER

Subscribe Now: google

Add to Google Reader or Homepage

Blog Archive

Jadwal Sholat

VISITOR

Followers

Tukeran link



Copy kode di bawah kedalam blog anda,dan saya akan segera link back.Mohon Konfirmasinya di shout box yah..

Kerja DiRumah

FeedBurner

About Me

My photo
Hi..Thanks to visit my blog,I'm a working mother with 3 adorable Kids and loving wife of my hubby :) .Currently still working at one company in Jakarta.Hopefully..can be a working at home Mom soon..:)_